Thursday, April 21, 2005

Dua puluh satu orang telah memulainya sejak februari, 2 bulan lalu. Sebagian besar dari mereka adalah warga negara negeri ini yang memang bertugas untuk melindungi negara (ingat! bukan melindungi satu orang atau sekelompok orang tertentu).

Dua orang dari mereka adalah orang sipil yang bekerja di suatu departemen yang membantu kepala pemerintah dalam pertahanan. Satu orang dari lainnya adalah seorang anak muda ceria berumur 23 tahun, tahun depan, dialah yang direncanakan nantinya untuk mengajarkan ilmu yang akan diterimanya slama satu setengah tahun kepada angkatan-angkatan yang dibawahnya. Dan tentu saja delapan orang sisanya adalah warga negara yang berprofesi sebagai pelindung negara di semua lapangan yang ada (ingat! negara bukan satu atau sekelompok orang saja! -biarlah saya nyinyir tentang ini).

---
Saya bertemu dengan beberapa dari mereka kemarin, keceriaan hanya tampak pada calon pengajar, tentu saja karena dia masih muda. Yang lainnya terkesan lebih serius dan mengenggam tangan saya dengan genggaman yang terbiasa bekerja dengan alat-alat dari besi yang berat. Mereka duduk di depan komputer saat saya datang kesana, dan salah satu dari mereka langsung menggetikkan nama 'Stuart Jarvis" di kolom kosong mesin pencari google. "Wah, sedikitnya perkiraan di dalam otak saya yang kemarin tersimpan adalah sedikit ada benarnya" begitu pikir saya.

---
Ilmu pertahanan, program yang mengajarkan mahasiswanya tentang pertahanan. Terutama yang berkait dengan manajemen pertahanan dan strategi pertahanan (negara tentu saja!).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home