Monday, December 08, 2003

"Susah amat ya mau menikah di negeri para orang tua yang saklek menerapkan kemegahan adat istiadat tanah kelahirannya!!" keluh seorang kawan yang sedang merencanakan pernikahannya. Wajahnya agak kusut masai sore saat kami berbincang setelah lama tak bersua. "Mungkin dia kecapaian.." begitu terlintas di pikiran saya. Bayangkan saja, dia harus menemani orang tuanya bersilaturahmi ke rumah orang tua sang gadis idaman...

"Gua harus bawa dodol, wajik,buah-buahan, bolu, kue kering, kain songket dan cincin saat lamaran yung, masing-masing jenis harus disimpan dalam satu tempat berbeda yang dirias disesuaikan dengan kebiasaan adat istiadat pihak perempuan! huh....berapa orang yang harus gua repotin buat ngebawain 7 bawaan itu??"

"Itu belum semuanya men, pas akad nikah gua masih harus lagi bawa baju jadi, mas kawin, pakaian dalam, sepatu, sandal, kain batik, alat kosmetik, buah-buahan, uang asap ama cincin kawin." saya bengong dulu pas ngedengerin dia meracau..."bukannya buah-buahan ama cincin kawin udah dikasihin pas lamaran? terus uang asap apaan lagi tuh?" Tanyaku bertubi.

"Au ah gua pusing mikirinnya!!" dia ngeloyor pergi.
"Hei...ntar dulu, ntar gua kalo mau kawin gimana ya?????"

Duh, mudah-mudahan dimudahkan saat saya hendak menjalankan perkawinan saya....AMINNNNNNN

0 Comments:

Post a Comment

<< Home