Thursday, June 17, 2004

"gua sebel liat film-film yang lo beli!" istriku nyolot saat saya menentukan film-film apa saja yang saya beli di lapak dvd bajakan langganan saya, di menteng sana. the fog of war, rishima dan football factory memang samasekali bukan jenis film kesayangan 'sisayang'.

ketiganya bagi saya adalah film untuk belajar -movies for learning- cinematography especially. rishima saya beli karena producernya adalah duet francis ford coppola dan george lucas (mereka selalu membuat saya ingin tahu tentang film-film yang mereka buat), the fog of war karena merupakan pemenang academy award kategory documentary feature tahun 2003 (jarang-jarang ada film dokumenter dlm harga terjangkau -dvd bajakan :P- ) pun pula cakramnya berkualitas bagus. sedangkan football factory, karena saya pikir ini british film dengan logat lucu dan saya mengharapkan ada cara-cara editing yang bisa saya tiru di film ini. rishima belum saya tonton, football factory mengecewakan, tak ada yang baru tak ada kejutan, tak bisa saya mengerti, bosan, tak dapat pelajaran kecuali coba menangkap logat british itu untuk belajar bahasa inggris, haha.

the fog of war....???

the fog of war bercerita tentang robert mcnamara, lebih tepatnya bercerita tentang amerika dari sudut pandang robert strang mcnamara yang pernah menjabat sebagai sekretaris pertahanan pada masa pemerintahan john f kennedy dan lyndon b johnson. isinya tak lebih dari isi wawancara errol morris sang sutradara dengan mcnamara (yang saat itu telah berumur 85 tahun).

isi wawancaranya yang dashyat, jawaban-jawaban yang jelas dengan pronounciation yang juga bagus. daya ingat yang luarbiasa mengenai kejadian-kejadian yang pernah dia alami. frasa-frasa yang menyegarkan seperti son of a bitch, hell, damn right dst...ditambah stock footage yang cukup, juga still photo.

editingnya sama sekali jauh dari editing yang menggunakan banyak efek. hanya dissolve, fast pics yang dilayer dengan slow pics. hasilnya gambar yang menarik. kontinuitinya dijahit dengan ilustrasi musik yang juga kuat yang dibuat oleh philip glass. soundbite mcnamara dijait tidak dengan menggunakan transisi, jump cat saat wawancara banyak sekali dipakai. morris lebih mementingkan kontinuiti content dari wawancara daripada gambarnya sendiri.

enligting me!!!

--------------------------------
ten lessons from robert s mcnamara
lesson 1 : emphatize with your enemy.we must try to put ourselves inside their skin and look at us through their eyes, just to understand the thoughts that lie behind their decisions and their actions
lesson 2 : rationality will not save us.
lesson 3 : there's something beyond one's self.
lesson 4 : maximize efficiency.
lesson 5 : proportionality should be a guideline in war.
lesson 6 : get the data.
lesson 7 : belief and seeing are both often wrong.
lesson 8 : be prepared to re-examine your reasoning.
lesson 10 : never say never.
lesson 11 : you can't change human nature"we shall not cease from exploring and at the end of our exploration we will return to where we started and know the place for the first time" -T.S Elliot-

----------------
last but not least, i wandered...berapa banyak dana kampanye yang dihabiskan oleh para capres? berapa tingkat efisiensi dana tersebut? hell with source dananya?

1 Comments:

Blogger dwiAgus said...

Yung, eluh tuh emang katalisator bagi usaha pembajakan .... tapi gua juga kadang beli deng. huehehehe

4:07 PM  

Post a Comment

<< Home